Ketika Tidak Ada Ide Menulis Lakukan Cara Ini

Ide Menulis
Ilustrasi: (Sumber Internet)

duniahalimah.comAda saat di mana tidak punya ide dan kehilangan semangat untuk menulis. Namun, jika dipikir ulang, bukankah block writing juga bisa dijadikan sebagai topik menulis?

 

Entah itu penulis pemula atau yang sudah terbiasa, mesti ada situasi buntu dalam menulis. Itu normal! Beberapa penulis dari berbagai genreyang pernah saya tanyapernah mengalami itu dan mereka punya banyak cara untuk menyelesaikannya.

 

Cara mengatasi kebuntuan menulis setiap penulis berbeda dan ditulisan kali ini saya coba untuk membaginya. Apabila pembaca memiliki solusi lain, boleh komentar ya!!


Baca Juga: Mulai Menulis dari Hal Sederhana

 

Berhenti sejenak


Ilustrasi: sumber internet



Ketika mengalami kebuntuan ide menulis, hendaknya berhenti sejenak. Cobalah untuk tidak terfokus pada menulis. Bisa matikan dulu leptop dan gawainya, lalu cobalah terdiam sejenak. Sembari menikmati apa yang ada di sekitar. Meminjam bahasa dunia terapi disebut situasi mindfulness.

 

Membaca Buku


ilustrasi: sumber internet


Block writing terjadi salah satu sebabnya karena kurang inspirasi, oleh karenanya dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan ide baru. Tidak harus buku, bisa artikel, atau tulisan di laman online.

 
Scroll Medsos


Ilustrasi: sumber internet

Cara ini jika dilakukan berlebihan malah dapat mengganggu semangat menulismu. Meski begitu, dengan melihat sosial media, bisa saja menemukan topik hangat yang sedang dibicarakan oleh netizen atau konten menginspirasi, sehingga bisa dijadikan ide tulisan.

 

Keluar Ruangan


Ilustrasi: sumber internet


Berulang kali saya katakan bahwa aktivitas keluar ruangan dapat membantu merubah perasaan. Akan tetapi kali ini fungsinya berbeda. Keluar ruangan dapat membantumu menemukan ide-ide segar. Saat keluar, hendaknya fungsikan seluruh panca indera untuk melihat sekitar. Setiap apa yang dilihat dan didengar, bisa kamu tulis loh!

 

Berdiskusi dengan Orang lain


Ilustrasi: sumber internet

Mendiskusikan sesuatu dengan orang lain juga dapat dijadikan sebagai ide tulisan. Tidak perlu kamu yang membuat topik diskusi. Kamu cukup tanyakan kabarnya atau cobalah untuk memancing pertanyaan. Nah, hasil dari diskusi dapat kamu jadikan tulisan.

 

Menonton Film


Ilustrasi: sumber internet

Siapa yang suka menonton film? Film apa yang kamu tonton? Kalau kamu mengalami kebuntuan menulis dan butuh ide untuk menuangkan kata-kata, hendaknya coba dengan menonton film kesukaan. Apa yang kamu tonton bisa dijadikan bahan untuk tulisanmu.

 

Tidur


Ilustrasi: Sumber internet

Dalam dunia terapi, tidur dinilai sebagai media penyembuhan atau healing. Ketika seseorang tidur, maka tubuh dan pikirannya istirahat. Artinya saat kamu mengalami kebuntuan dalam menulis, lalu tidur dulu. Maka setelah bangun, kebuntuanmu akan berkurang dan siap menulis kembali.

 

Saya tahu, masih ada banyak solusi mengatasi kebuntuan dalam menulis. Cara-cara di atas barangkali bisa dijadikan refensi. Nah, buat kamu yang punya cara lagi, boleh tulis di kolom komentar ya!!

 

Terima kasih, semoga membantu!


Baca Juga: Cara Menemukan Ide Tulisan

 

 

Post a Comment

0 Comments