KEUNIKAN RANU BEDALI YANG TIDAK DIMILIKI DANAU LAINNYA

Sumber: www.jejakpiknik.com

       Jika kemarin kita berbicara soal gunung Lemongan, nah kali ini kita akan berbicara soal Ranu atau danau yang berada di antara gunung Lemongan. Orang-orang biasa menyebutnya dengan sebutan Ranu.
        Seperti disebut dalam postingan kemarin, gunung Lemongan dekat dengan tiga Ranu, yakni Ranu Bedali, Ranu Klakah, dan Ranu Pakis. Ketiganya ini orang-orang menyebut dengan sebutan “Segitiga Ranu”, karena letaknya yang tidak terlalu jauh antar satu sama lain.
Namun, di sini kita tidak akan membicarakan tiga Ranu sekaligus. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas Ranu Bedali saja.
       Barangkali bagi sebagian masyarakat Lumajang, khususnya, wisata ini bukanlah tempat yang asing.  Merupakan wisata alami yang dibentuk oleh alam sendiri. Letaknya di desa Ranu Bedali, kecamatan Ranuyoso. Kira-kira 15 Km ke arah Utara kota Lumajang. Jarak Ranu Bedali dengan Ranu Klakah sekitar 6 Km, sedangkan jarak dengan Ranu Pakis bekisar 7 Km.
        Danau ini memiliki keunikan sendiri teman-teman, jika dibandingkan dengan dua danau lainnya. Letak danau berada di bawah, semacam membentuk mangkuk, begitu. Kira-kira tingginya mencapai 700 m dari permukaan laut dengan luas sekitar 25 Ha dan kedalaman 28 m.
Ranu Bedali juga tercatat sebagai salah satu danau vulkanik.Apa itu danau vulkanik? Danau vulkanik merupakan danau yang terbentuk karena akibat aktivitas vulkanisme atau gunung berapi. Nah, Ranu Bedali inin merupakan salah satu.
         Bentuk Ranu Bedali sendiri hampir mirip seperti mangkuk besar, dan inilah salah satu keunikan yang  tidak dimilki oleh danau lainnya. Danau ini juga memiliki kolam dan dua air terjun , yang juga berperan menambah keindahan danau ini.
 Jarak antara danau dengan pos cukup jauh, tapi hal ini tidaklah menyurutkan para pengunjung untuk menikmati keindahan alam Ranu Bedali. Setiap liburan tiba, Ranu Bedali dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu.
      Pokoknya keren deh yak, apalagi baru-baru ini wisata Ranu Bedali sudah dikelola oleh pokdarwis setempat melalui kerjasama kepala desa. Jika sebelumnya wisata Ranu Bedali sederhana tanpa polesan, tapi kini Ranu Bedali sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan lainnya.


Post a Comment

0 Comments