LEMONGAN BUKAN LAMONGAN


          Gunung Lemongan, siapa yang tak kenal dengan gunung ini. Merupakan salah satu gunung yang letaknya berada di antara kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Tinggi gunung ini sekitar 1.651 m sampai puncak, puncaknya bernama Tarub. Juga terletak di antara dua gunung api raksasa yakni di barat gunung Tennger dan di sebelah timur gunung Iyang. Gunung ini juga tercatat sebagai gunung berapi bertipe maar.
Apa itu gunung berapi tipe Maar?
         Gunung berapi tipe maar merupakan bentuk gunung yang terjadi akibat letusan eksplosif.  Hal ini disebabkan karena dapur magma yang terlalu dangkal serta kandungan gasnya tidak terlalu banyak, sehingga letusannya tidaklah terlalu kuat. (Sumber: https://www.geografi.org/2017/11/tipe-tipe-gunung-berapi.html?m=1 ) Pendapat lain juga mengatakan bahwa penyebab gunung bertipe Maar terjadi karena akibat letusan freatik dan freatogmagnetik dalam sekali masa giat.  Salah satu contoh gunung bertipe maar ini adalah gunung Lemongan ini.
        Perlu kita ketahui pula bawa gunung ini juga tercatat sebagai salah satu gunung yang masih aktif, namun terakhir kali gunung ini meletus sekitar akhir abad dua puluh lalu. Beberapa sumber menyatakan bahwa gunung ini sempat meletus sekitar tahun 1799 dan letusan paling akhir dari gunung ini sekitar tanggal 5 sampai 15 Februari 1989 (kira-kira kita—yang hidup pada zaman sekarang—belum lahir).
          Selain itu, keindahan yang ditawarkan oleh gunung ini cukup eksotis. Bagian-bagiannya masih banyak ditemui berbagai macam tumbuhan yang juga berperan menambah keindahan gunung ini.
Jika dilihat di pagi hari, ketika matahari terbit dari timur, gunung Lemongan menampakkan kegagahannya. Berdiri paling tinggi, diantara yang lain. serta dikelilingi oleh beberapa danau. Beberapa danau ini diantaranya; Ranubedali, Ranu Klakah, dan Ranu Pakis.
          Beberapa danau juga juga tak kalah menariknya dengan gunung Lemongan. Bahkan keduanya saling bersinergi. Ketika pergi ke danaui ini, gunung Lemongan dijadikan sebagai background pemandangan. Pokoknya keren banget!! Tak salah jika pemandangan ini banyak diburu oleh para wistawan untuk menikmati keindahan alam yang Allah ciptakan.
“Lantas nikmat apalagi yang kau dustakan?”






Post a Comment

0 Comments