Perbedaan Desa dan Kota, Kamu Perlu Tahu!!


Desa dan kota adalah dua tempat yang berbeda. Baik dari segi infrastruktur, budaya, sosial, ekonomi, maupun pendidikannya. Namun, perbedaan saya kira bukanlah perihal yang amat musykil karena memang kenyataanya berbeda.
Kota dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti wilayah permukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dari berbagai lapisan masyarakat dan daerah pemusatan penduduknya dengan kepadatan tinggi serta fasilitas modern dan mata pencaharian penduduknya bekerja di luar pertanian.
Sedangkan desa adalah wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga dan rata-rata mata pencaharian mereka masih pertanian.
Mungkin itu sekadar pengertian,

Biasanya wilayah kota lebih banyak penduduknya dibandingkan di desa. Salah satu penyebabnya adalah karena fasilitas, pekerjaan, pendidikan yang ditawarkan kota lebih bagus dibandingkan dengan desa.
Namun, di sini ada beberapa hal yang patut digaris bawahi, bahwa tidak sepenuhnya kehidupan di kota lebih menjanjikan dibanding desa.
Meskipun bisa dibilang wilayah desa terpencil, orangnya sederhana, mata pencaharian rata-rata berdagang dan bertani, tapi di desa kita bisa temukan hal-hal yang tak ditemui di perkotaan. Semisal nih dalam hal lingkungannya.
Jika di desa gunung-gunung menjulang tinggi, pepohonan di mana-mana, air sungai mengalir tanpa sampah, tanpa ada polusi. Meski ada polusi, tentu polusi mudah diserap oleh pepohonan yang banyak bertengger di kanan kirinya.
Lain halnya di kota yang malah sebaliknya, panas kota, macet, polusi di mana-mana tidak sebanding dengan jumlah pohon yang makin sedikit, air sungai berubah kecoklatan, limbah-limbah industri dialirkan ke sungai, sehingga sungai tak asri lagi.
Mungkin, dari segi lingkungan kota lebih modern dalam bidang pembangunan. Banyak gedung-gedung bertingkar berdiri di sana sininya, hingga tanah yang ada di kota semakin sedikit, bahkan selokan air malah diperkecil. Tapi di desa, bangunannya sederhana tapi nyaman tentram, jauh dari kebisingan.

Lain hal lagi dengan pendidikannya, kota memang unggul dibandingkan dengan desa. Berbagai fasilitas dan saranan untuk menunjang pendidikan sangat tinggi, semisal banyak didirikan perpustakaan dan sekolah-sekolah yang berkualitas. Berbeda dengan desa yang masih jarang ada perpustakaan dan fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah masih sederhana.

Barangkali itu saja untuk hari ini, seputar perbedaan desa dan kota.


Post a Comment

0 Comments