TAHUKAH SEMUA TIDAK TERJADI KARENA KEBETULAN

Tidak ada sesuatu yang terjadi kebetulan. Semua telah digariskan. Mari kita lihat apa rahasia di balik semua ini, karena semua hal yang terjadi bukan sebuah kebetulan belaka. Tadi siang selepas klien pulang dari klinik, dosenku berkata, "Saat Ibu menangani klien kamu pelajari karena ini penting untukmu suatu hari nanti." Kemudian disela-sela perbincangan kami beliau berkata “Tidak ada yang terjadi kebetulan.”

Mendapati perihal ini, pikir seketika mencocokkan dengan realitas terjadi. Ibarat tekanan-tekanan tus pada keyboard mengirimkan kode-kode biner untuk diproses menjadi perintah dan terakhir menghasilkan tulisan di layar monitor. Barangkali inilah analogi tepat untuk menggambarkan kejadian saat ini dengan masa  mendatang.

Berkumpul dengan orang-orang yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Mempelajari sesuatu yang tidak pernah dipelajari. Menghadapi pengalaman yang tidak pernah terduga sebelumnya. Pastinya ini bukan sebuah kebetulan belaka dan tentu juga berkaitan dengan kejadian-kejadian setelah atau sebelumnya.

 Seperti halnya aku sewaktu duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan dengan mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dan ketika kuliah malah mengambil jurusan Tasawuf Psikoterapi. Jika kita melihat secara selintas saja, ini benar-benar sebuah lompatan kuantum. Di mana biasanya dekat dengan komputer menjadi tidak sama sekali. Namun benarkah demikian? Yang aku rasakan tidaklah begitu, mengapa? Ternyata ilmu sewaktu di sekolah sangat bermanfaat dalam kelangsungan studiku. Seandainya tidak pernah duduk di bangku SMK bisa saja sewaktu kuliah belum bisa mengoperasikan komputer.

Termasuk kajian yang kita minati kali ini, barangkali tampangnya tidak relevan akan tetapi bisa jadi beberapa tahun kemudian kajian ini dibutuhkan. Sejalan pula dengan kegagalan yang kadang membuat kita mengernyitkan dahi dan menelungkupkan muka. Padahal sejatinya dibalik itu ada kemenangan yang tidak kita tahu, misalnya agar semakin giat belajar. Hari ini setiap kita belum mengerti tentang kejadian selanjutnya, tinggal ditunggu saja dibalik semua ini.

Semua ini adalah rahasia yang belum bisa kita pecahkan seutuhnya. Percayalah, semua ini tidak terjadi karena kebetulan. (23/07/2020)

 Baca Juga: TERAPI CINTA SEBAGAI PENGGANTI OBAT

 

 

Post a Comment

0 Comments