DAPATKAN PELAJARAN DARI KARTUN UPIN IPIN

Sumber: google

Mendapatkan pelajaran tidak hanya didapatkan dalam jenjang pendidikan di dalam kelas. Bisa saja di rumah, di taman, di warung kopi, bahkan menonton film pun kita bisa mendapatkannya. Seperti siang ini, tanpa sengaja menonton kartun Upin Ipin. Ya, bagi dunia kartun, kartun Upin Ipin ini bukanlah film kartun asing lagi yang asalnya dari negera tetangga, Malaysia.

Tayangan Upin Ipin kali ini, Ijat dan keluarganya dikabarkan mendapatkan musibah. Rumahnya terbakar, namun syukurnya keluarga Ijat selamat dan kini tinggal di rumah pamannya. Sontak saja teman-teman Ijat--termasuk Upin Ipin bersedih dan mereka berencana sepulang sekolah untuk menjenguknya. Saat menjenguk Ijat, ia menangis dikala menceritakan kronologi kebakaran rumahnya. Selang beberapa lama mereka semua bubar. Keesokan harinya saat di sekolah ada seorang Ibu yang menjelaskan tentang satu sen. Di mana jika satu sen dikumpulkan bisa jadi banyak. Dari sanalah Upin Ipin berpikir dan berinisiatif membantu Ijat yang tengah dilanda kesusahan.

Dari satu tempat ke tempat yang lain, Upin Ipin membawa kaleng dengan bertuliskan "Tolong Ijat", namun sayangnya hasilnya belum memenuhi. Terik mentari tidak membuat semangat surut, hingga keduanya kehujanan dan mereka berdua sakit. Teman-teman kelasnya menjenguknya dan mereka melihat kaleng bertuliskan "Tolong Ijat," seketika mereka tergerak untuk melakukannya bersama-sama.

Karena dilakukan bersama-sama akhirnya terkumpullah uang dalam kaleng. Dan mereka serahkan kepada Upin Ipin. Keesokan harinya Upin Ipin dan teman-temannya kembali ke sekolah. Tepat di saat Bu Jasmin menulis di papan, Ijat mencuri-curi pandang dari arah pintu. Ehsan yang melihatnya langsung melangkah ke pintu. Ijat sempat menolak untuk masuk, namun Bu Jasmin sendiri memintanya.

Akhirnya Ijat masuk kelas dan teman-temannya menyambut dengan bahagia. Ehsan memberikan seragam yang tidak dipakainya kepada Ijat, Mei-mei memberikan beberapa buku untuk Ijat, dan Upin Ipin memberikan kaleng yang berisi uang pemberian semua orang.

Dari kisah yang diangkat film Upin Ipin ini memberikan pelajaran bagi kita semua. Meskipun genre kartunnya anak-anak, ternyata siapapun bisa mendapatkan hikmah darinya. Sebagai manusia, disamping hablluminallah juga hablumminannas. Sebagai makhluk sosial kita harus membantu sesama. Ketika teman kita mendapatkan musibah maka bantulah sesuai kemampuan kita. Setidaknya dengan begitu kita bisa meringankan beban mereka.

 


Post a Comment

0 Comments