INILAH MANFAAT YANG BISA KAMU DAPAT SAAT MENGAYUH SEPEDA

Salah satu kegiatan murah meriah dan menyehatkan bagi tubuh manusia adalah bersepeda. Bersepeda sudah dilakukan semenjak diperkenalkannya pertama kali pada abad 19 masehi. Meski usianya sudah tidak lagi muda dan persaingan dengan kendaraan lainnya semakin padat, ternyata kegiatan bersepeda menjadi pilihan tersehat dibandingkan alat transportasi lainnya.

Sebelum hadirnya sepeda motor, mengayuh sepeda adalah transportasi utama masyarakat. Sebagaimana diceritakan oleh bapak saya, sekitar tahun 2000-an sepeda adalah alat yang paling bermanfaat. Bahkan jika di desa memiliki sepeda sudah dinilai kaya. Kemana-mana dengan mengayuh sepeda dan lingkungan sekitar sangat terjaga.

Sejatinya bersepeda memberikan manfaat luar biasa bagi manusia dan lingkungan. Apalagi di saat pandemi seperti ini. Inilah beberapa manfaat yang bisa didapat di saat mengayuh sepeda;

1)      Meredam stress

Dengan bersepeda tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membuat bahagia pada diri manusia. Selain itu, munculnya hormon ini juga memberikan kondisi nyaman. Ketika nyaman maka keadaan stress akan menurun.

2)      Menggerakkan Otot

Mengayuh sepeda dapat membuat otot dalam tubuh bekerja. Sehingga tubuh menjadi segar bugar. Jika istikamah dilakukan maka tubuh dan otot kerjanya menjadi seimbang.

3)      Berat Badan Ideal

Dirilis doktersehat.com salah satu manfaat bersepeda adalah membuat kerja kardiovaskular dan otot menjadi optimal. Karena di saat kardiovaskular dan otot manusia terlaltih dapat meningkatkan intensitas metabolism tubuh serta pembakaran kalori. Di saat pembakaran kalori terjadi tentu  sangat baik untuk menjadikan berat badan ideal. Disamping diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat bagi tubuh.[1]

4)      Mengatasi Insomnia

Ternyata dengan bersepeda juga memberikan manfaat khususnya dalam mengatasi insomnia secara alami. Bersepeda sekitar 20-30 menit dalam dua hari sekali, sehingga dengannya membuat waktu tidur menajdi lebih cepat. Selain itu dengan bersepeda saat pagi hari dapat menghilangkan hormone kortisol penyebab terjadinya insomnia.[2]

5)      Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Layaknya seperti berlari, bersepeda juga bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dalam tubuh manusia. Kegiatan ini juga telah direkomendasikan National Health Service sebagai salah satu alternatif mengurangi penyakit jantung maupun kanker. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang  dilakukan Universitas Glasgow pada tahun 2018 lalu. Denngan mempelajari kurang lebih 260.000 orang dengan kurun waktu lima tahun dan membuktikan bahwa bersepeda dapat membantu mengurangi penyakit Jantung dan Kanker.[3]

6)      Menguatkan Imunitas Manusia

Kegiatan bersepeda mengurangi gangguan pernapasan dan memberikan manfaat luar biasa untuk menjaga imunitas manusia.

7)      Kegiatan Olahrga Murah Meriah

Bersepeda adalah bagian dari aktivitas olahraga yang murah meriah harganya. Tidak perlu membayar mahal, hanya bermodalkan sepeda kita bisa mendapatkan khasiat luar biasa.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diambil dengan bersepeda. Hal inilah yang saya lakukan beberapa hari ini. Sembari mengisi waktu luan di tengah pandemi. Dengan catatan tetap menggunakan masker dalam menjalankan aktivitas ini.

 

Butuh hunian mewah Surabaya, klik di sini atau Klik gambar



Post a Comment

0 Comments