BELAJAR DARI BERTAMBAHNYA USIA

Ilustrasi: (foto: pribadi)
duniahalimah.com--Ada satu hari di mana seseorang akan merasa bahagia—meski tidak seluruhnya. Hari itu adalah hari di mana diperingati sebagai hari lahirnya. Dalam menyambut hari itu setiap individu memiliki cara tersendiri untuk mengimplementasikannya. Seperti mengadakan pesta, kegiatan berbagi, dan seterusnya. Padahal saat bertambah usia, disitulah kita akan mendapatkan pelajaran darinya.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pembelajaran bagi kita semua, di saat bertambah umur, antara lain;

Bersyukur

Adalah sebuah nikmat atas bertambah umur. Di mana kita masih bisa diberikan kesempatan untuk menikmatinya. Bayangkan saja jika bertambah umur, namun ternyata kita sudah tidak ada lagi di dunia ini. Tentu tidak ada kesempatan lagi untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Oleh karena itu mari bersyukur atas pertambahan ini.

Pertanda Tidak Muda Lagi

Semakin bertambah umur bukan berarti semakin muda namun semakin tua. Di mana tanggung jawab semakin meninggi dan sikap main-main sudah seharusnya dikurangi. Akan tetapi memang ada orang  ketika bertambah umurnya merasa tidak mau tua.

Harus Lebih Baik

Rasulullah pernah bersabda bahwa manusia harus lebih baik dari hari kemarin. Dengan bertambahnya usia itu pertanda agar setiap kita menyadari betul untuk bertambah menjadi lebih baik. Misal, jika diumur sebelumnya kerapkali berbohong, di saat bertambah umur menjadi jujur, jika sebelumnya sering meninggalkan ibadaha kini menjadi rajin ibadah.

Muhasabah

Biasanya orang-orang memperingati ulang tahunnya dengan melakukan hura-hura, dan pesta pora. Padahal di sini adalah momen baik untuk memuhasabahi diri.  Merenungi segala tindak tanduk selama ini. Apakah sudah sejalan dengan tuntunan agama atau tidak. Telah menjadi lebih baik apa belum. Kesalahan-kesalahan di masa sebelumnya dijadikan pembelajaran untuk tidak diulangi lagi di usianya sekarang dan masa selanjutnya.

Merasa Dekat Dengan Kematian

Sebagian orang menganggap dengan bertambahnya usia berarti semakin dewasa. Nihilnya adapula yang berpikir akan hidup selamanya. Padahal ketika usia bertambah, itu artinya usia di dunia telah dikurangi sejumlah pertambahan usia kita. Di saat inilah waktu tepat untuk menjadi lebih baik dengan selalu mengingat kematian serta bersungguh-sungguh dalam mempersiapkannya.

Berbagi

Saat momen ini bisa digunakan untuk membagikan sebagian rezeki kepada orang lain. Dengan harapan umur kita menjadi barokah dan tidak  menjadi sia-sia.

Pertanda Harus Bijak

Memang usia tidak menjamin kedewasaan seseorang, namun dengan bertambahnya usia, setiap kita harus belajar untuk menjadi lebih dewasa. Lebih bijak di saat menghadapi persoalan. Sewaktu kecil barangkali kita sangat bingung dalam mengambil kebijakan, akan tetapi ketika umur bertambah dan pengalaman juga semakin meluas menjadikan diri kita semakin bijak.

Doa

Beragam doa dipanjatkan di saat ulang tahun dengan harapan terkabulkan. Di sinilah kebiasaan orang-orang di kampong memperingat hari kelahirannya dengan mengundang beberapa orang untuk makan bersama.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita terapkan di saat usia kita bertambah. Bertambahnya usia bukanlah ajang untuk membanggakan diri, namun bagaimana pertambahan usia itu menjadi semangat untuk menjadi lebih baik. Sebagai bekal untuk di akhirat nanti.
Semoga Bermanfaat..


Post a Comment

0 Comments