Kamu Pengusaha? Wajib Tahu Tujuh Kunci Sukses Ini

Orang-orang zaman sekarang kebanyakan cenderung menyukai dunia usaha. Dan tak jarang orang-orang Indonesia menjadi pengusaha hebat dan dikenal oleh semua orang. Namun, tak jarang pula usaha yang mereka kembangan sangat jauh dari nilai-nilai spiritual. Mereka sukses banyak harta, apapun dapat dibelinya, namun setiap kesehariannya ia gundah-gelisah. Lantas apakah ini yang dinamakan sukses berwirausaha?.

Pengusaha umunya lebih cenderung pada dunia materialnya dan tak sedikit yang melupakan aspek spiritualnya. Padahal kita hidup di dunia ini bukan hanya perlu harta dan kesenangan material semata, tapi kita hidup di dunia ini juga perlu kebahagiaan untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

Sukses seperti apakah yang perlu diketahui oleh pengusaha? Sukses yang dimaksud di sini adalah sosok pengusaha yang mampu mensinergikan antara dunia usaha (entrepreneur) dengan spiritual yang berfungsi untuk menyimbangkan hati dan akal. Jadi antara usaha dan beribadah itu harus seimbang. Jika berat salah satu, tentu akan timpang dan tak akan imbang,

Ukuran sukses bagi seseorang memang berbeda, namun sukses yang patut kita praktikkan ada tujuh macam, yakni;
Pertama, saleh. Seorang pengusaha diharapkan bukan hanya rajin dalam berwirausaha, namun seorang pengusaha diharapkan mampu melaksanakan ibdah yang diperintahkan oleh Allah dengan benar.
Kedua, sehat. Seseorang yang sukses harus sehat lahir dan batinnya. Jika tak sehat keduanya, apakah pantas dikatakan sukses? Meskipun memiliki harta yang menumpuk namun tidak sehat, tentu seseorang akan resah dan gelisah; hidupnya tidak akan tenang.
Ketiga, kaya. Orang yang sukses adalah orang yang kaya. Lebih-lebih kaya yang dapat mengantarkan kebahagiaan akhirat.
Keempat, bahagia (syukur dan sabar). Orang yang sukses hendaknya bersyukur ketika mendapat rezeki dan bersabar ketika mendapat musibah. Syukur dan sabar yang akan membawa kebahagiaan di dalam hati.
Kelima, selalu menjaga hubungan baik. Orang yang sukses pasti dapat menjaga hubungan yang baik. Orang yang sukses mampu berkomunikasi dengan baik dalam memecahkan permasalahan dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekiatarnya.
Keenam,berkontribusi dalam lingkungan. Seseorang yang sukses dapat berkontribusi dalam lingkungan. Dia akan menyumbangkan asek-aspek yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Ketujuh, tercapai impiannya. Seseorang yang sukses itu mampu mencapai impiannya. Seeorang pengusaha perlu memiliki impian dalam menentukan targetnya di masa depan. Agar ia tak malas-malasan dalam meraih kesuksesan di masa mendatang.

Inilah tujuh kunci sukses yang seharusnya dimiliki oleh setiap pengusaha. Antara ketujuh-tujuhnya sangat penting diterapkan dalam diri kita sebagai calon-calon wirausahawan yang handal dan hebat. Menjadi seorang interpreneur yang hebat itu tidak semudah yang kita bayangkan, namun kita perlu berusaha, berdo’a dan selalu semangat dalam meraih kesuksesan di masa mendatang.


sumber : images.hamsharionline.ir

Post a Comment

0 Comments