Fakta Perkotaan, Kamu Perlu Tahu!!!


Kebutuhan masyarakat perkotaan bisa dikatakan sangat banyak jika dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Masyarakat perkotaan umumnya cenderung sibuk, sibuk dengan pekerjaannya. Bangun pagi-pagi dan pulang larut malam. Tubuh seakan-akan mesin yang tak pernah berhenti, barulah libur ketika penanggalan merah. Itulah aktivitas keseharian masyarakat perkotaan.
Sumber: https://media4.picsearch.com/is?MEnYnZqs78Jt0Sc3VTQAnNez_i3rMqhYa-u8iayEy_Y&height=255
Kendati demikian, masyarakat perkotaan umumnya cenderung praktis dalam segala hal. Seperti halnya mencuci baju menggunakan jasa londre, mengkonsumsi makanan siap saji, dan lain sebagainya. Mengingat waktu yang tak memungkinkan itu, mau tak mau masyarakat perkotaan memilih jalan yang praktis untuk memenuhi kebutuhannya.
Itulah fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat perkotaan. Selain itu, masyarakat perkotaan juga memiliki beberapa ciri-ciri yang amat dominan di dalam kehidupannya, seperti; hubungan dengan antar masyarakat didasarkan atas kepentingan pribadi dan bukan karena berlandaskan kepentingan bersama, kepercayaan masyarakatnya sangat kuat dengan kehebatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain sebagainya.
Fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat perkotaan membuat masyarakatnya tidak tenang, tidak tentram. Seperti banyaknya kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor, udaranya yang tercemar, panas matahari yang menyengat, infrastruktur yang tinggi, dan pepohonan yang jarang. Itulah kehidupan perkotaan yang sangat tidak menyenangkan.
Memang, jika ditilik dari sudut pandang itu, masyarakat perkotaan tidak tentram, tidak nyaman, dan tidak sehat. Namun, di sisi lain masyarakat perkotaan juga mendapat keuntungan lebih; seperti kemudahan akses informasi dan komunikasi, kualitas pendidikan yang tinggi, dan lain sebagainya.

Itulah fakta keadaan masyarakat perkotaan yang sangat berbeda dengan dunia pedesaan.

Post a Comment

0 Comments