PEPAYA ATAU PAPAJA


Pepaya, merupakan salah satu buah yang seringkali kita temui. Biasanya buah ini dijadikan sebagai teman dalam rujak manis. Hm dan rasa yang dihadirkan tak kalah enaknya dengan buah-buah yang lain.
Buah ini memiliki nama ilmiah “Carica papaya”, beberapa sumber mengatakan bahwa nama pepaya diambil dari bahasa Belanda “Papaja”, dalam bahasa Jawa disebut “Kates” dan dalam bahasa Sunda disebut “Gedang”.
Buah yang satu ini asalnya dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika, dan buah ini juga banyak ditanam di seluruh daerah  bersuhu  tropis. Seperti di Indonesia, kita bisa menemukan buah ini tumbuh di perkebunan, bahkan di depan rumah juga ditanami tumbuhan yang satu ini. (Seperti di depan rumahku)
Daging buah Pepaya bisa dikonsumsi baik itu sudah matang atau belum. Ketika matang buah Pepaya bisa dikonsumsi langsung, sedangkan jika belum matang, buah pepaya bisa disulap menjadi sayuran, seperti lodeh, kuah bening, dan seterusnya.
Daun Pepaya muda juga bisa disulap menjadi lalapan—setelah dilayukan dengan air panas—atau bisa dijadikan sebagai kawan “Botok”. Selain itu daunnya juga dapat dijadikan sebagai pelunak daging.
Seperti diajarkan oleh guru-guru kita semenjak sekolah dasar dahulu, bahwa Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A dan tentunya vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, khususnya untuk kesehatan mata. Pepaya juga dinilai bermanfaat untuk melancarkan pencernaan manusia.
Tepat 16 April 2018 yang lalu, Liputan6.com menyebutkan bahwa buah Pepaya berkhasiat sebagai nutrisi antikanker, melancarkan BAB, obat bekas gigitan ular,  obat malaria, dan demam. Pepaya juga dinilai memiliki potensi  untuk mengobati darah tinggi, mengobati kista, mengatasi peradangan, dan lain sebagainya.
Di beberapa tempat buah ini seringkali dijadikan sebagai kawan-kawan dari Nanas, Mangga, Jambu, Belimbing, Bengkoang—maksudku dijadikan rujak. (Benar-benar enak disantap guys) Disulap menjadi jus, juga tak kalah segarnya untuk dikonsumsi ketika dahaga datang.
Itulah beberapa manfaat yang dapat diperolah dari mengkonsumsi buah Pepaya. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh, semisal biji Pepaya dan getahnya.
#SarapanKata
#KMOIndonesia
#KMOBatch14
#SemangatMenulis
#IndonesiaMenulis

#Nh5h

Post a Comment

0 Comments