BUAH YANG SATU INI DINILAI SANGAT BERMANFAAT


Kemarin kita sudah berbicara soal manfaat mengkonsumsi buah kelapa untuk kesehatan. Nah, untuk pembahasan kali ini kita akan membahas soal pisang hasil daerah Lumajang.

Ok, lanjut.
Barangkali bagi kalangan umum buah ini adalah salah satu buah yang mafhum dikenal. Dengan bentuknya yang sederhana, segar, dan rasanya alami dapat menarik diri untuk mengkonsumsinya. Apalagi ditambah dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita.
Teman-teman perlu tahu, kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota pisang. Hal ini bisa kita buktikan dengan seringnya kita menemukan buah ini ketika berkunjung ke sana. Berbagai macam jenis pisang dijual di pasar, bahkan jika kita melaju dari arah Utara, kita dapat melihat pemandangan warung-warung yang menjual pisang di kanan-kiri jalan.
Buah pisang di sana sangat mudah tumbuh subur, hal ini sejalan—cocok—dengan tanah yang ada di sana. Jadi tak mengherankan jika kota Lumajang sendiri mendapat julukan “Kota Pisang”. Tak perlu banyak biaya untuk menanam buah ini, yang terpenting memiliki tanah dan menggalinya sedikit untuk bonggol pisang. Menanam pisang ini tidak perlu lahan yang luas atau perkebunan yang luas. Bahkan tak jarang kita dapat menemukan pohon pisang di depan rumah-rumah penduduknya.
Ya, seperti yang kita ketahui berbagai jenis pisang di sana dapat ditemui, semisal pisang Mas, pisang Susu, Marlin, Rojo, dan lain sebagainya. Namun, buah pisang yang paling khas adalah pisang Agung.
Bentuk pisang Agung bentuknya seperti bulan sabit, tapi ukurannya lebih panjang daripada buah pisang lainnya. Panjang pisang ini diperkirakan 2 sampai 3 kali ukuran pisang biasanya. Karena bentuknya yang besar, maka harga jual buah ini lebih mahal harganya dibandingkan buah pusing lainnya. Selain bentuknya unik, buah ini juga tahan lama dan tidak mudah busuk. Meski di luar kulitnya busuk, tapi di dalam buahnya masih utuh.
Selain itu, buah Pisang asli Lumajang ini dikabarkan sudah banyak dijadikan makanan olahan lainnya semisal keripik pisang, pisang goreng, kolak pisang, pisang bakar, molen, sale, dan seterusnya. .
Oiya, buah Pisang selain memiliki rasa yang enak, ternyata juga memiliki manfaat yang luarbiasa jika kita mengkonsuminya. Beberapa manfaat mengkonsumsi pisang, sebagaimana yang telah disebutkan oleh www.liputan6.com (terbit 22 November 2016) menyebutkan terdapat 10 manfaat mengkonsumsi pisang, antara lain;
1) Menurunkan tekanan darah tinggi
2) Memperbaiki pencernaan
3) Meningkatkan kesehatan Jantung
4) Membantu menciptakan sel-sel sehat-sehat
5) Meningkatkan saluran pencernaan
6) Kaya akan vitamin C; mengandung 15 % vitamin C
7) Meningkatkan kinerja atletik
8) Melawan anemia
9) Menekan rasa lapar
10) Pisang mengangkat suasana hati dan membantu kita merasa senang

Inilah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh, ketika mengkonsumi buah pisang.


Nah, jangan lupa bagi yang singgah ke Lumajang, nanti membeli buah pisang sebagai oleh-oleh di rumah. Tak sulit kita dapat menemui buah pisang di sana. Sepanjang jalan dari arah Ranuyoso hingga ke selatan (kota) kita dapat menemukannya di pinggir jalan maupun di pasar. 
***
Saya pribadi sangat bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Coba kita pikirkan, mengapa buah pisang manis, enak, gurih, padahal tidak ada penambahan gula di dalamnya, ya begitulah nikmat yang Allah berikan. Tanpa gula ternayata pisang juga berasa manis loh. Selain itu ternyata buah pisang banyak memberikan manfaat untuk manusia.
“Lantas nikmat manakah yang kau dustakan?”

Post a Comment

0 Comments