BUAH KELAPA DINILAI BANYAK MEMBERIKAN MANFAAT


Beberapa waktu yang lalu saya sempat membahas soal menurunnya harga kelapa di pasar Ranuyoso. Namun, kali ini kita tidak akan membahas persoalan itu lagi.

Ok, langsung saja.
Ranuyoso merupakan salah satu daerah penghasil buah kelapa di Kabupaten Lumajang. Hal ini bisa kita ketahui dari dua pasar yang ada di Ranuyoso. Yaitu pasar Buah dan pasar Gunung Tengu. Setiap hari “Pasaran” kita dapat menemukan masyarakat yang menjual buah kelapa di sana.
Buah kelapa ini asli hasil pertanian masyarakat kemudian dijual di Pasar kepada para pedagang dari berbagai kota. Biasanya buah kelapa ini oleh para pedagang dijual kembali ke daerah-daerah lainnya seperti contohnya ke kota Surabaya.
Seperti yang saya katakan dalam tulisan saya beberapa waktu lalu, saat ini buah Kelapa masih dijual saja secara praktis dan beluma ada inisiatif lain untuk dijadikan produk khusus di sana.
Perlu teman-teman ketahui juga; beberapa sumber pernah mengatakan bahwa buah kelapa yang dihasilkan daerah ini berbeda dengan buah kelapa dari daerah lainnya. Di antara perbedaan itu salah satunya adalah kekentalan santannya. 
Memang tidak dapat dipungkiri buah kelapa telah lama dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Bahkan pohon kelapanya sendiri dari ujung akar hingga daunnya memiliki kegunaan. Tidak ada yang sia-sia dari tumbuhan yang satu ini. Salah satu manfaatnya adalah dalam bidang kesehatan manusia.

Dilansir dari merdeka.com, ternyata terdapat lima manfaat mengkonsumsi buah kelapa dalam bidang kesehatan, antara lain;
Daging buah kelapa dinilai akan serat, juga dapat membantu mengurangi berat badan. Kemudian dapat membantu pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.
Mengandung zat anti oksidan
Menurunkan kolesterol
Memperbaiki metabolisme dalam tubuh
Pembangkit energi
Itulah lima manfaat mengkonsumi buah kelapa untuk kesehatan manusia. Nah, buat kalian yang mau ke Lumajang, bisa mampir ke daerah penghasil buah kelapa ini. 
Diawal saya sudah mengatakan bahwa pohon Kelapa sendiri tidak ada yang sia-sia dari ujung akar hingga daunnya. Saya jadi teringat dengan pesan kakak pembina Pramuka sewaktu SD dulu yang pernah mengatakan jadilah seperti Kelapa yang banyak memberikan manfaat. 
Mungkin itu saja untuk tulisan hari ini.

Post a Comment

0 Comments