Generasi Z dan Media Sosial

Era zaman kali ini lebih dikenal dengan era milenial dan anak-anak mudanya dikenal sebagai generasi Z. Apa itu generasi Z? Generasi Z ini  adalah anak manusa yang tahun lahirnya berkisar antara tahun 1995 hingga tahun 2010. Generasi Z saya kira sangatkah dekat dengan perkembangan tenologi informasi, dan ilmu pengetahuan yang pesat. Tentu hal ini tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi informasi itu akan terus melaju dan terus maju ke depan.
Sebenarnya cukup beruntung pemuda yang digolongkan pada generasi Z. Mengapa beruntung? Sebagaimana yang dikatakan oleh Endri Karniawati yakni seorang redaktur koran Tempo. Dia mengatakan bahwa generasi Z itu sangatlah beruntung, ada enam keberuntungan yang didapatkan oleh anak generasi Z, antaralain;
Pertama, internet tak pernah putus. Dengan kecanggihan pemikiran manusia dalam menciptakan teknologi informasi, di era zaman ini teknologi informasi mudah kita dapat termasuk fasilitas internet. Jaringan internet sudah dapat akses di mana pun kita berada, bahkan sampai di desa pun jaringan internet sudah ada.

Kedua, informasi berlimpah. Jika dahulu, katakanlah zaman bapak saya, informasi itu sangatlah sulit didapatkan. Bagaimana mau mendapatkan informasi, media informasi saja sangat langka. Alat telekomunikasi seperti televisi, radio, gawai, dan lain sebagainya itu masih belum ada. Tentu jika dibandingkan dengan zaman sekarang, adalah kebalikan dari masa muda ayah dulu. Informasi mudah kita dapat melalui berbagai media masa. Baik itu melalui televisi, radio, koran online, dan lain sebagainya.

Ketiga, tidak ada pers yang dibredel. Zaman generasi Z dibebaskan mengenai pers. Tentu hal ini berbeda dengan yang terjadi di zaman orde baru yang sangat melarang adanya pers. Pers dijalankan secara tidak bebas. Padahal pers sifatnya adalah independent, bukan malah sebaliknya.

Keempat, banyak sarana untuk menulis dan membagikan foto. Generasi Z sangatlah mudah menuliskan berbagai pemikirannya di media massa dan begitupula dengan membagikan gambar. Ya, tentu hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang dikembangakan pula sehingga generasi Z mampu menulis dan membagikannya di media massa.

Kelima, banyak media sosial yang bisa digunakan untuk bermacam-macam dengan biaya realtif murah. Semisal media sosial fb, blogger, wordpress, IG, dan lain sebagainya. Tentu hal ini sangatlah memudahkan generasi Z dan harganya sangat ekonomis dan bahkan gratis.

Sumber: tieenhung.free.fr
Inilah lima keberuntungan yang didapatkan generasi Z menurut Endri Kurniawati. Sedangkan menurut saya sendiri, keberuntungan yang didapatkan generasi Z sangatlah banyak,. Semisal, jika dulu masih menggunakan jasa wartel, sedangkan sekarang lebih dipermudah lagi dengan adanya gawai. Jika dulu bentuk mesin ketik itu sangat berat dan ketika salah tidak dapat dihapus, sedangkan di zaman ini mesin ketik sudah dijadikan bentuk yang  kecil dan bahkan bisa dibawa kemana-mana dan tentunya ketika salah ketik, bisa diperbaiki.

Jika ditilik dari pembahasan kita dari awal, adanya teknologi informasi ini memang memiliki pengaruh yang sangat besar dibenak generasi Z. Generasi Z harus mampu membedakan mana yang baik untuk dirinya. Generasi Z dituntut bisa memilih dan memilah. Generasi Z tidak boleh ketinggalan informasi sedikit pun dan tidak boleh sampai ketinggalan informasi.


Oleh karenanya mau tak mau generasi Z harus menghadapi perkembangan teknologi informasi yang sangat ketat itu. Tentu teknologgi informasi itu sangatlah penting, tapi kita harus berusaha mewaspadai dan mengantisipasi nilai-nilai negatif yang juga ditimbulkan oleh media. 

Post a Comment

0 Comments