Beda Itu Perlu

Sumber: imgantaranews.com

Hidup ini bukan hanya sekedar hidup saja, namun hidup ini perlu perjuangan lahir dan batin di dalamnya. Di dalam kehidupan ini kita akan menghadapi berbagai rintangan maupun tantangan yang mau tidak mau, suka mau pun tidak suka, haruslah menghadapinya.
Coba kita perhatikan, Kawan? Perhatikan kehidupan orang-orang sekitar kita, tak jarang kita menemui berbagai tipe manusia yang berbeda, dengan kemampuan yang berbeda, pemahaman yang berbeda, dan kekuatan yang berbeda. Bak es campur yang isinya berbeda, namun jika sudah dicampur rasanya sungguh tak tergantikan, bukan.  Ya, begitu pula dengan kehidupan.
Di dalam perbedaan ini tak jarang kita menemukan ketaksesuaian antara yang satu dengan yang lainnya. Malah, tak jarang melihat antara yang satu dengan yang lainnya saling sikut, saling embat, saling dengki, dan lainnya. Sekali lagi inilah kehidupan.
Perbedaan antara manusia yang satu itu wajar, Kawan. “Allah menciptakan ciptaannya tidak ada yang terulang kali,” begitulah ungkap salah satu buku yang penulis lupa judulnya. Bahkan ada yang mengatakan pula bahwa perbedaan itu adalah nikmat. Sebenarnya perbedaan itu adalah sebuah nikmat yang luar biasa agar kita mencoba memahami dan merenungi atas segala ciptaan-Nya.
Lantas apa yang seharusnya kita lakukan, ketika dihadapkan dengan berbagai perbedaan?? Sebenarnya, kuncinya sangat sederhana, tak terlalu muluk-muluk atau memberatkan. Di dalam Aqluran kita diperintahkan untuk membaca iqra’. Membaca yang dimaksud di sini adalah membaca mengenai segala perbedaan yang Allah berikan kepada kita. Cobalah kita renungkan, pikirkan, muhasabahi. Kalau bukan Allah yang Maha Rahman dan Rahim, tidak mungkin ciptaan yang begitu banyak ini berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Meskipun ada yang serupa, namun tidak sama.
Selain itu, cobalah berusahalah mensyukuri perbedaan ini. Bukankah Allah telah menyebutkan dalam Alquran surah Ibrahim ayat 7,
واذ تاذن ربكم لئن شكرتم لازي دنكم ولئن كفرتم ان عذابي لشديد
Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari, maka pasti azab-Ku sangat berat.”
Selain di dalam Alquran surah Ibrahim ayat 7, ada pula di dalam surah Al-Baqarah ayat 152,
فاذكروني اذكركم واشكروالي ولا تكفرون
Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”
            Perbedaan yang ada di alam semesta ini bukan untuk diperdebatkan atau disalah artikan, namun adanya perrbedaan seharusnya kita syukuri kedatangannya. Bukankah perbedaan itu nikmat?. Bukankah perbedaan itu perlu?.


Post a Comment

0 Comments