Sebagian Kandungan Hikmah al-Hikam

Sikap orang ‘Arifun
Salah satu sikap yang dimiliki oleh para ‘arifun ialah mereka tidak memilki rasa ketergantungan kepada selain Allah swt. Orang-orang seperti inilah, termasuk manusia yang tidak menganggap oranglain bermanfaat atau mendatangan kemudhorotan. Sikap seperti ini, biasanya terdapat dalam diri seorang mursyid. Dan dia juga merasa tidak memiliki daya dan upaya. Bahkan tipe manusia seperti ini merasa dirinya telah gugur. Jadi seluruh pekerjaannya selalu sesuai dengan syari’at. Yang tentunya tanpa berlebih-lebihan, dan tanpa kekuarangan. Maka, ketika kita bertemu dengan sosok manusia yang memiliki sikap ini, kita dituntut untuk mendekatinya. Dari sinilah seorang murid dituntut untuk mencari seorang mursyid yang salah satunya memiliki tipe seperti di atas.

Tiga tipe manusia masuk surga
Kita juga perlu mengetahui, mengenai tiga jenis orang yang masuk surga, pertama; dakholal jannah, tipe yang pertama ini ialah seseorang masuk surga, akan tetapi harus dicuci atau dibersihkan, atau lebih tepatnya singgah terlebih dahulu di neraka.  Kedua, adkholal jannah, yakni tipe manusia yang masuk surga dikarenakan mendapat syafaat. Dan ketiga; ahlul jannah, yakni tipe manusia yang asli masuk surga

Bertemanlah dengan orang yang baik
Kita sebagai manusia, sebagai khalifah di bumi ini, memiliki andil yang sangat signifikan dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita. Tak terkecuali dengan sesama kita, kita wajib saling menyayangi, mengasihi terhadap manusia yang lainnya. Kita juga dituntut untuk bersikap husnudzan kepada, baik itu manusia, maupun takdir yang Allah berikan. Begitu pula ketika kita berteman dengan seseorang, kita tak boleh beranggapan bahwa diri kita lebih baik dari teman kita itu. Oleh karenaya, pertemanan kita dengan orang yang lebih rendah darimu adalah sesuatu yang berbahaya. Mengapa? Karena, pertemanan yang seperti ini, akan memberikan aib-aibmu, selain itu, kita akan merasa puas dengan keadaan kita. Dan kita akan melihat kebaikan yang kita lakukan itu baik, namun sebenarnya, merupakan akar dari segala kejelekan.
Kitab Al-Hikam, Karya Ibn 'Athoillah

Dilansir dari pengajian rutinan al-Hikam

















Post a Comment

0 Comments