Bersyukur Jadi Lajang

Sumber: (Ed.Canva) 



Judul: 69 Things to be Grateful about Being Single

Penerbit: Gramedia Pustaka

Tahun terbit: 2017

Penulis: Feby Indirani

Ilustrasi: Muhammad Taufiq (Ente) 

Hal: +148


Sebagaimana judulnya buku ini berisi hal-hal yang bisa disyukuri seorang perempuan single. Di dalamnya terdapat 69 sisi positif menjadi lajang. Angka ini dipilih sebab "taijitu" yakni simbol dari konsep Yin dan Yang. Sebuah konsep berlawanan dalam mencapai keseimbangan, seperti malam dan siang, bawah dan atas, gelap dan terang, dan sebagainya. 

Buku ini bisa dibilang sebagai ajakan kepada perempuan lajang untuk tetap tersenyum, berkontemplasi, dan menertawakan diri sendiri. Sehingga mampu menerima dan berdamai dengan dirinya sendiri. 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh buku ini.  Di antaranya dipenuhi  ilustrasi yang membuat pembaca tidak mudah bosan; isinya singkat, padat, dan jelas sehingga tidak terkesan bertele-tele. Sedangkan kekurangannya, karena terlalu singkat sehingga cepat selesai. Pada bagian-bagian tertentu kerapkali menggunakan bahasa asing yang berpotensi menyulitkan pembaca yang tidak memahaminya. 

Terlepas dari kekurangan tersebut, buku ini sangat cocok dibaca perempuan lajang. Alih-alih menyalahkan karena belum menikah, malah mengajak pembaca untuk melihat sisi positif dari menjadi perempuan lajang. 

Seperti bebas menekuni minat (hal 10). Berbeda dengan mereka yang sudah berkeluarga kerapkali sulit melakukan aktivitas yang mereka sukai. Bagian kedua "Kamu bebas travelling dengan siapa pun, kapan pun, kemana pun". Tentu berbeda dengan mereka yang berkeluarga harus mempertimbangkan kondisi, baik pasangan maupun anak. Begitupun sampai halaman terakhir, pembaca diajak untuk melihat sisi lain dari menjadi lajang. 

Sebagai pembaca, saya cukup merekomendasikan perempuan lajang untuk membacanya agar menerima segala situasi dalam kehidupannya. 

Kalimat terakhir yang cukup menggelitik dalam urutan ke 69, "Kamu memilihnya bukan semata karena takut sendirian, tapi karena dengannya kamu bisa mencapai lebih banyak impian bersama tanpa harus mengorbankan cita-citamu sendiri." []

Sumber buku: E-Book Ipusnas

@gerakan_1week1book

#duniahalimah #onedayonebook 

#minggu1


Baca Juga: Jangan Membuat Masalah Kecil Menjadi Besar

Post a Comment

0 Comments