Buat Kamu yang Suka Baca Buku

ilustrasi: (foto:internet)


duniahalimah.com--Selama pandemi akses meminjam buku secara offline di perpustakaan, ikut pula terhambat. Alhasil  menjadi salah satu persoalan mahasiswa dalam mencari bahan bacaan dan referensi saat mengerjakan tugas. Akan tetapi di era digital hari ini--meski terkendala oleh pandemi—setiap kita bisa mengakses bacaan tanpa harus membelinya. Cukup dengan menginstal aplikasi dan mengikuti langkah-langkahnya. Kita sudah bisa meminjam buku di sana. Ya, meski di sisi lain kendala seperti mata mudah lelah, jika keseringan membaca buku online dan satu lagi bukunya terbatas. Namun patut disyukuri, setidaknya dengan aplikasi-aplikasi itu bisa membantu kita mendapatkan buku referensi dan bacaan.

Berikut adalah tiga aplikasi yang bisa diakses dan diunduh di Google Play Store untuk mendapatkan buku bacaan;

Ipusnas

Adalah aplikasi berbasis digital yang dimiliki  Badan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Saat ini sudah bisa diinstall di PC juga. Cara mendaftarnya cukup install aplikasinya dan ikuti langkah-langkahnya. Barulah kita bisa melakukan peminjaman buku.

Situs Resmi ipusnas



Google Books

Aplikasi satu ini, tidak menyediakan peminjaman buku. Namun melalui proses pembelian. Hanya saja di aplikasi ini juga tersedia beberapa buku gratis untuk diunduh. Nah, ini juga jadi salah satu sumber bacaan dan referensi selama pandemi.

Tampilan Aplikasi Google Play Books di PC


IBI Library

Sedangkan aplikasi yang satu ini, baru saya gunakan beberapa Minggu terakhir. Tepatnya ketika mengikuti perlombaan yang diadakan Pusbi Jember. Aplikasi satu ini sistem yang digunakan sama seperti Ipusnas, bedanya berada di bawah naungan Bank Indonesia.

Tampilan Aplikasi IBI Library di PC

Dan masih banyak lagi aplikasi digital untuk mengakses  buku gratis, seperti EPerpusdikbud, Gramedia Digital, E-Pustakaku, dst. Akan tetapi yang kerapkali saya pakai hanya tiga aplikasi itu saja. Selebihnya kalau diinstal semua, bisa meledakkan memori di gawai. Selain aplikasi-aplikasi itu, adapula aplikasi yang menyediakan novel dan canggihnya juga bisa menulis cerita di sana. Ada Novel Toon, Web Toon, Innovel, Wattpad, Manga Toon, KBM app, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan aplikasi itu menyediakan beragam genre yang bisa membantu siapa  pun menghilangkan kebosanan selama di rumah saja.

Namun satu hal yang patut diingat, tetap bijak dalam memilih dan memilah bacaan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tentang Cerita Koplak di Negeri Koplak

Post a Comment

0 Comments