Tragedi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Ilustrasi: (Foto:internet)


duniahalimah.comKemarin, 9 Januari 2021 media menginformasikan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan kepulauan Seribu. Hingga hari ini pun masih ramai diperbincangkan. Pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak ini berisi sekitar 62 orang, 12 adalah kru pesawat, 50 orang sisanya adalah penumpang, 40 orang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi.


Mendapati musibah ini, tentu tidak ada yang menginginkan terjadi. Akan tetapi, itu semua berada di luar kendali manusia. Bahasa lainnya adalah takdir. 


Sekitar 14.36 WIB pesawat ini masih bisa terdeteksi, namun pada pukul 14.40 sudah hilang kontak. Siapa yang tidak terperanjat? Ketika orang terdekat berkabar beberapa menit yang lalu, lantas kabar selanjutnya menyedihkan.


Baca Juga: Pahami Hidupmu Agar Kamu Tahu


Beberapa pihak saling membantu menelusuri kawasan tempat jatuhnya pesawat ini. Ada juga yang bertugas menelusuri di bawah laut. Hingga hari ini (10/1) telah ditemukan beberapa serpihan dari tubuh pesawat. 


Kejadian ini, sebetulnya ada beberapa hal yang bisa diambil hikmahnya. Sebagaimana Allah telah berfirman dalam Alqur'an Surah Al-Hijr ayat 21;

وَإِن مِّن شَىْءٍ إِلَّا عِندَنَا خَزَآئِنُهُۥ وَمَا نُنَزِّلُهُۥٓ إِلَّا بِقَدَرٍ مَّعْلُومٍ

"Dan tidak sesuatu pun kecuali ada di sisi Kami khazanah (sumber)-nya dan Kami tidak menurunkannya kecuali dengan kadar (ukuran tertentu). 


Dalam ayat di atas menjelaskan mengenai hikmah yang bisa kita ambil di setiap kejadian. Inilah beberapa hikmah yang bisa kita pelajari, antara lain;

 1) Ternyata waktu itu begitu singkat. Kalian bisa cari informasi lebih lanjut terkait ini, bagaimana sebelum pesawat lepas landas para penumpang masih menghubungi orang terdekatnya. Tersenyum bahagia. Namun siapa sangka beberapa menit kemudian, semua berubah menjadi air mata.

2) Apa yang ada di bumi bersifat fana. Pesawat yang dibuat dengan kecanggihan apa pun bisa meledak. Karena seiring dengan sifatnya yang fana.


Tidak ada kata yang bisa terucap, selain semoga korban segera ditemukan, segenap keluarganya diberi ketabahan, serta para tim yang bergerak di lapangan mendapat kekuatan.

Pray For Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air


*) Tulisan ini telah diterbitkan di kamianakpantai.com 

Post a Comment

0 Comments