MANFAAT BUKA BERSAMA NAMUN SEKARANG TIDAK LAGI


sumber: media.suara.com

PSBB atau Pembatasan sosial berskala besar memang berlangsung, namun itu semua tidak menjadikan sebuah kendala untuk tidak mengadakan buka bersama di tengah pandemi. Tentu sesuai dengan protocol yang dianjurkan oleh pemerintah. Hari ini, 16 Mei 2020, kami bersama Pengurus Pusat Ruqyah 4 Dimensi mengadakan acara Buka Bersama sekaligus rapat membahas kinerja organisasi di masa pandemi.

Di saat kondisi tidak memungkinkan, namun ada kesempatan seperti tadi sore membuat rasa kekeluargaan begitu sangat akrab. Gelak dan tawa menghiasi berbuka, meski di sisi lain juga perlu keseriusan dalam pembahasan rapat. Serius tapi santai, itulah kata paling tepat untuk menggambarkan keadaan kami. Suara dentang sendok dan piring beradu, setelah suara azan berkumandang dari corong-corong musolla dan masjid. Beragam macam makanan dan minuman dihidangkan, membuat perut dan rasa meronta-ronta untuk segera diberikan makan.

Mendapati buka bersama dengan Ruqyah 4 Dimensi mengingatkan saya pada masa-masa itu. Masa di mana kebiasaan saat mahasiswa untuk mengadakan kegiatan buka bersama. Seperti yang diadakan angkatan saya di sebuah UKM. Setiap Ramadan bertandang, kami begitu santusias dalam mengadakan kegiatan buka bersama. Di mulai dari tahun 2017 hingga terakhir tahun kemarin. Begitu pun komunitas-komunitas lainnya juga serupa.

Saat mengadakan buka bersama seperti itu, pastinya memberikan hikmah luar biasa bagi kita semua. Inilah beberapa hikmah saat buka bersama;

Menguatkan Tali Silaturahmi

Tidak dipungkiri dengan melaksanakan kegiatan buka bersama menjadikan tali silaturahmi semakin kuat. Baik dengan keluarga, komunitas, saudara, kolega, dan lainnya. Itulah mengapa biasanya coordinator acara bukber sangat getol meminta setiap kita menghadiri kegiatan ini.

Terjalin Rasa Kekeluargaan

Dengan Buka Bersama, rasa kekeluargaan antara yang satu dengan lainnya semakin terjalin. Apalagi bagi anak rantau yang belum bisa berbuka dengan keluarga. Berbuka bersama dengan teman-teman menjadi seperti berbuka dengan keluarga sendiri.

Mengalirkan Energi Bahagia

Di saat sedang buka bersama, setiap kita tentu merasa bahagia, karena waktu yang akan ditunggu-tunggu segera datang. Selain itu, terbukti saya sendiri sebelum ke tempat berkumpul merasa murung, namun saat mengikuti kegiatan buka bersama, hati merasa bahagia. Inilah dalam pembahasan energi disebut vibrasi energi.

Menghilangkan Beban Pikiran

Dengan mengikuti buka bersama, juga dinilai mampu menghilangkan beban pikiran yang telah menggunung selama ini. Apalagi bagi yang setiap harinya selalu diisi dengan rutinitas padat. Tentu buka bersama adalah pilihan tepat.

Ajang Reuni

Barangkali sudah sangat biasa jika kegiatan buka bersama diadakan sebagai ajang reuni. Baik dengan teman-teman sekolah dahulu, maupun teman kerja. Hal ini merupakan sebuah kegiatan luar biasa, karena bisa bersua dengan kawan-kawan lama.

Berbagi Rezeki

Kegiatan buka bersama juga bermanfaat sebagai sarana untuk berbagi rezeki. Biasanya pemilik rumah yang mengundang akan membagian sebagian rezekinya untuk dimakan bersama-sama. Dengan begitu, selain bisa bertemu dengan teman, juga bisa mendapatkan pahala dari berbagi itu.

Mengisi Waktu Luang

Menunggu azan bagi sebagian orang memang membosankan, namun ketika ada kegiatan buka bersama dapat memberikan kita waktu untuk mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat. Tanpa terasa tiba-tiba azan berkumandang saat asyik-asyiknya berbagi cerita dengan teman atau sahabat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didadapat saat mengadakan buka bersama. Namun sangat disayangkan untuk buka bersama tahun ini cukup dihindari. Mengingat pandemi semakin menjadi-jadi dan menghindari kontak fisik adalah salah satu ikhtiar untuk memutus rantai perkembangan virus. Semoga tahun depan bisa mengadakan buka bersama kembali, amin.

 #inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARI-KE-16


Post a Comment

0 Comments