UNTUK RITUAL KEMATIAN, EH TERNYATA MENGANDUNG 40 MANFAAT

         Daun Kelor mungkin tidak asing lagi bagi sebagian kalangan. Memiliki nama ilmiah Moringa oliefera lamk yang biasanya dikaitkan dengan kematian.  Hampir setiap orang mengaitkan daun Kelor dengan sesuatu yang menyeramkan. Terutama bagi orang Jawa yang seringkali menggunakan daun Kelor sebagai ritual kematian, seperti memandikan jenazah. Tapi di balik semua itu teman-teman perlu tahu bahwa daun Kelor dalam tiap helainya mengandung kelezatan dan kemanfaatan untuk tubuh kita.
          Barangkali bagi sebagian orang mengkonsumsi daun Kelor merupakan suatu hal yang tabu. Hal ini bukan karena disebabkan daunnya beracun atau membahayakan kesehatan, tapi karena daun ini seringkali digunakan sebagai ritual kematian. Berbeda halnya dengan daerah Tapal Kuda, Jawa Timur, daun yang satu ini menjadi santapan khas baik pagi, siang, maupun sore.
Begitupula dengan daerah Lumajang, merupakan salah satu daerah pengguna setia daun Kelor. Bukan hanya sebagai ritual kematian, tapi digunakan sebagai santapan. Sayur daun Kelor biasanya disajikan dengan kuah bening dan tentunya rasanya nikmat ketika disantap. Akan lebih nikmat lagi jika sayur daun Kelor disantap dengan pasangannya seperti nasi Jagung atau nasi Glepungan, ikan asin, terong penyet, dan sambel terasi. Benar-benar nikmat guys!!!
      Selain daun Kelor dapat dikonsumsi, buah Kelornya juga dapat dikonsumsi juga, namanya Klenthang. Rasa yang dihadirkan buah Kelor ini tentu rasanya berbeda dengan daun Kelor. Klenthang juga tak kalah lezatnya dengan daun Kelor loh ya...
        Teman-teman perlu tahu juga, bahwa daun Kelor mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sumber lain mengatakan bahwa Kelor mengandung kalsium empat kali lipat dibandingkan susu, mengandung vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan Jeruk, mengandung vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel, dan dua kali lipat protein dari Susu.
Salah satu website menyebutkan terdapat empat puluh manfaat Kelor untuk kesehatan tubuh (bisa dicek https://medium.com/@UnklZaki/40-manfaat-daun-kelor-khasiat-daun-kelor-bagi-kesehatan-995f92a07cdb)

Ternyata banyak sekali manfaat daun Kelor, selain banyak manfaatnya ternyata rasa yang dihadirkan oleh daun ini sungguh sangat lezat.
Nah, tak bisa dikatakan ke Lumajang, jika tidak menikmati kelezatan sayur daun Kelor dahulu.

Post a Comment

0 Comments