RANU PAKIS SEBAGAI OBJEK WISATA SEKALIGUS TEMPAT BUDIDAYA IKAN


Sumber gambar: www.tempat.me
Ranu Pakis, begitulah orang-orang menyebutnya. Merupakan segitiga ranu kelanjutan dari Ranu Bedali dan Ranu Klakah. Letak Ranu Pakis berada tepat di dusun Krajan 1, Tegalrandu, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, kira-kira 7 Km jaraknya dari Ranu Bedali.

Saya kira tidak kalah menariknya dengan dua danau lainnya, karena antara ketiganya saling melengkapi dalam membentuk segitiga ranu. Ranu Pakis memiliki luas bekisar 112 Hektar dengan kedalaman 26 meter dengan warna air yang biru kehijauan. Seperti halnya danau-danau sebelumnya, danau ini terbentuk alami karena alam.
Ranu Pakis memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan dua danau sebelumnya. Salah satu keunikannya adalah Ranu ini dijadikan sebagai tempat budidaya ikan tawar oleh masyarakat setempat, seperti ikan Mujair dan ikan Nila. 
Jadi kalau kita pergi ke sana, kita pasti menemukan gubuk-gubung kecil di tengah-tengah permukaan danau. Gubuk-gubuk ini berfungsi sebagai tempat para pembudidaya untuk memberi makan ikan-ikan yang mereka budidayakan.
Tak Jarang pula kita dapat menyaksikan bagaimana masyarakat di sekitar danau melayangkan jaringnya menangkap ikan sembari menggunakan getek. Lebih singkatnya Ranu Pakis adalah tempat mengais rezeki bagi masyarakat sekitarnya.

Menurut saya Ranu Pakis juga memiliki satu hal yang menarik lagi, salah satunya kita dapat menyaksikan danau dari tebing danau—atau bisa dikatakan bukit ya. Di sana kita akan dapat melihat rumah-rumah penduduk dan berbagai macam infrastruktur lainnya yang bertebaran di sekitar danau, hal ini dinalai juga berpotensi mempercantik pemandangan danau.
Apalagi ketika matahari masih baru menyemburatkan sinarnya, kicauan sekawanan burung seakan-kan menterapi seetiap pendengarnya, pepohonan sama-sama bergelayutan penuh memagari setiap tebing danau. Angin menerpa apa pun yang dilintasinya, dedaunan menari-nari, menambah kegirangan para pengunjungnya. Di-momen inilah kita dapat membidikkan kamera untuk mengabadikannya.

Di sana kita juga dapat membeli ikan untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Oiya hampir lupa, di sana kita dapat menikmati ikan bakar di warung-warung sekitar danau loh.
Nah, untuk kalian yang ada kesempatan ke Lumajang jangan sampai gak mampir ke wisata ini, bener-bener rugi.

Post a Comment

0 Comments