Pendidikan Yang Sesuai Untuk Abad Ini

Nh5h-Abad ini terkenal dengan sebutan abad millenial. Indikasi mencolok yang didapatkan dalam abad ini adalah salah satunya merosotnya nilai akhlak moral anak bangsa. Jargon anak zaman sekarang dikenal dengan sebutan kinds jaman now di mana sikap dan tingkah lakunya kebanyakan didominasi oleh barat. Salah satu penyebabnya adalah kecanggihan teknologi informasi, anak zaman ini tidak dapat tidak untuk tidak menemuinya. 
Pendidikan (Sumber: google)
Memang kecanggihan teknologi informasi sangatlah banyak bernilai positif bagi anak bangsa kita, namun di sisi lain teknologi informasi juga bernilai negatif bagi anak. Salah satunya dengan kebanyakan menonton TV anak enggan untuk belajar. Jika anak dulu lebih suka main-mainan tradisional, namun selaras dengan kecanggihan teknologi informasi tradisi bermain secara tradisional mulai hilang terkikis oleh zaman, anak malah diberikan gawai untuk bermain. Padahal di dalam gawai amatlah banyak sesuatu yang kurang baik untuk pendidikan anak. Lantas solusi yang tepat dalam mendidik anak yang sesuai dengan zaman ini apa? Solusi yang paling tepat untuk menanggulangi hal ini salah satunya melalui pendidikan. 
Pendidikan di sini bukan hanya pendidikan dalam arti sekolah formal saja, namun anak dituntut untuk mendapati ilmu formal dan ilmu agama. Ilmu formal atau ilmu umum hanya mengajarkan ilmu lahiriah saja, dan tanpa mengajarkan ilmu akhlak moral yang baik. Ilmu lahiriah sifatnya kering dari nilai-nilai spiritual, sedangkan manusia perlu spiritual, oleh karena itu pendidikan yang baik untuk anak, seharusnya menyeimbangkan antara keduanya. Oleh karenanya, orangtua haruslah pandai-pandai memilih sekolah untuk anak-anaknya. 


Post a Comment

0 Comments