5 Pekara Di Dalam Sedekah, Umat Muslim Perlu Tahu Itu

Nh5h-Sedekah dalam kehidupan masyarakat agamis bukanlah suatu hal yang asing dan rumit. Bahkan sedekahpun mudah kita laksanakan, semisal tersenyum saja sudah dinilai sebagai bagian dari ibadah. Terutama di dalam ajaran agama Islam juga amat sangat ditekankan agar menyedekahkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang memerlukan.
Dari beberapa hadis dan ayat al-Qur’an sama-sama menganjurkan umat muslim agar supaya menyisakan hartanya untuk oranglain. Kita sebagai umat muslim seharusnya perlu tahu tentang adanya lima perkara yang amat penting di dalam sedekah.
Sesungguhnya di dalam sedekah itu terdapat lima perkara sebagaimana di dalam hadis Rasulullah Saw;
“Sesungguhnya di dalam sedekah itu terdapat lima perkara.”
1. Sedekah itu dapat menambah harta kekayaan
Sedekah itu dapat menambah kekayaan, oleh karenanya janganlah kita merasa takut berkurang rezekinya. Dengan bersedekah itu dapat meluaskan, melapangkan, dan membuka rezeki. Rasulullah pernah bersabda, “Tidak akan berkurang rezeki orang-orang yang bersedekah kecuali bertambah, bertambah, dan bertambah”. Dalam hal ini terlihat sangatlah jelas, bahwa dengan menyedekahkan sebagian harta kita rezeki kita pasti akan dijamin.
2.Dapat menjadi obat
Dengan bersedakah seseorang dapat mengobat penyakit hati dan pikun. Insyaallah dengan bersedekah seseorang akan mengalami ketenangan di dalam hatinya.
3. Dapat menghindarkan diri kita dari berbagai macam marabahaya.
Dengan membiasakan bersedekah, seseorang dapat dihindarkan dari berbagai macam marabahaya. Rasulullah SAW pernah bersabda “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak dapat mendahului sedekah”. Dalam hadis Rasulullah ini, cukuplah terlihat bahwa dengan bersedekah seseorang dapat terhindarkan dari musibah atau marabahya.
4. Kelak di akhirat nanti, ketika melewati shiratul mustaqim akan melewatinya seperti halilitar. 
Seseorang yang membiasakan diri bersedekah, insyaallah ketika melewati jembatan shirat dapat mudah melewatinya.
5. Mereka akan masuk ke dalam surga tanpa dihisab dan disiksa
Sedekah yang dimaksud di sini adalah sedekah yang berdasarkan hati ikhlas, tidak diumbar-umbar, dan tidak ingin dipuji oranglain. 
Inilah lima perkara yang terkandung di dalam sedekah sebagaimana yang telah disebutkan oleh salah satu hadis Rasulullah SAW. selain hadis itu, sebenarnya masih banyak lagi mengenai pentingnya dan manfaat seorang muslim untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disedekahkan pada oranglain.

Post a Comment

0 Comments