“TIPS AND TRIK MENULIS”


Ketika membicarakan perihal menulis, sebagian orang mengatakan “menulis” itu mudah. Namun, sebagian yang lain mengatakan sulit. Sedangkan menurut penulis, menulis itu gampang-gampang sulit. Kalau boleh jujur, penulis sendiri terkadang mengalami suatu “kebingungan” dalam menulis. Beberapa orang mengatakan, “karena kurangnya membaca”, barangkali pendapat ini, cukup tepat bagi penulis. Penulis tergerak menuliskan “Tips dan Trik Menulis”, karena mendapat ilham sekaligus mendapat saran dari seseorang. Barangkali, jika penulis diamkan, tentu tips dan trik menulis ini bersifat pasif dan tak berkembang.
Ok.. Langsung saja...
1.      Tulis saja.
Seorang penulis dituntut untuk menuliskan apa yang ada dalam benaknya. Tak suah risau, pokoknya menulis dulu.
2.      Menjadikan “menulis” sebagai kebiasaan.
Ketika menulis menjadi suatu kebiasaan, maka menulis tidak akan menjadi beban lagi. Bahkan menulis menjadi suatu kebahagiaan sendiri.
3.      Setelah ter-istiqomahkan, selanjutnya adalah belajar struktur pakem jenis tulisan.
Menulis itu perlu keistiqomahan, karena ketika menulis sudah teristiqomahkan, maka kata-kata yang kita tulis akan mengalir secara spontan. Barulah, ketika sudah istiqomah, kita belajar tata cara kepenulisan yang baik, yang sesuai dengan struktur pedomana bahasa indonesia.
4.      Memberi rasa pada tulisan, biasanya kita menulis, karena tuntutan akademik dan kita cenderung berpikir saja dan lupa dengan merasakan dengan hati. Sehingga tulisan kita terasa kaku dan tidak mengena pembaca.
5.      Jangan terlalu terpaku pada hasil, nikmatilah prosesnya.
Maksud dari kalimat ini adalah, proses kita menulis dulu yang ditekankan, bukan malah hasilnya dulu yang dipikirkan.
6.      Jangan pernah meninggalkan membaca.
Seorang penulis dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Oleh karena itu, seorang penulis dituntut untuk memperkaya wawasannya dengan membaca buku. Namun, jika hanya membaca dan tanpa dibarengi dengan menulis. Maka apa yang kita baca belum sepenuhnya tertuang.
7.      Mintalah saran dan kritik kepada orang yang kamu anggap mampu.
Nah, yang terakhir adalah kita meminta saran kepada orang yang kita anggap mumpuni dalam hal penulisan. Mengapa harus meminta pendapat oranglain? Karena yang akan mengkonsumsi tulisan kita bukan hanya kita, namun oranglain.

Itulah tujuh Trik dan tips dalam menulis, jadi kita nggk usah ragu. Tulislah apa yang ingin kamu tulis. “Menulis adalah sebuah keberanian”, kata Anantha Toer. Seorang pilot tidak akan dikatakan pilot, jika tidak pernah terbang. Begitupula dengan seorang penulis, tidak akan dikatakan penulis jika tidak pernah menulis.





Post a Comment

0 Comments