Kehidupan VS Kematian

Setiap kehidupan tidak akan pernah luput dengan yang namanya kematian. Yang menjadi pertanyaannya apakah kita sudah mempersiapkan hal itu? hidup ini terasa hanya sementara dunia yang begitu mempesona dengan rayuan-rayuan yang menggoda hal itu hanyalah tipuan belaka. Tak jarang malahan bisa dikatakan sering lupa atau nggk ingat dengan kata "Dead". Kata ini sangat ditakuti oleh kebanyakan orang. 
Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan“. (QS. An-nisa’ 78)
Sesungguhnya orang yang pandai bukanlah orang yang pintar matematika, fisika dsb. Tetapi orang yang pandai adalah orang yang selalu mengingat mati sehingga ia berusaha mempersiapkannya. Tidak ada yang tau kapan akan terjadinya hal itu hanya Allah SWT. yang mengetahuinya. Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah dari mengingat kematian, karena sesungguhnya mengingat kematian itu dapat menghilangkan dosa-dosa dan menjadikan zuhud pada dunia“
Rasulullah bersabda:
.“Orang mukmin yang paling cerdas adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapannya untuk menghadapi kematian” (HR. At-Tirmidzi)
“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh“. (QS. An-Nisa’:78)

Perlu diketahui dalam kehidupan ini ada 5 fase antaralain:    Mati yang belum disebut atau belum diketahui,                        
Pada fase ini kehidupan belum diketahui secara pasti bisa dikatakan belum ada.
هَلْ أَتَى عَلَى الإنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا
Bukankah pernah datang kepada manusia satu waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? (QS. Al-insan: 1)
2.      Diciptakan di dalam rahim
Fase ini mulai terjadi kehidupan di dalam rahim seorang ibu. Yang mana terbentuk dari saripati tanah.

3.      Di matikan di Alam Barzah
Pada fase ini manusia yang hidup akan beralih ke alam kubur atau alam barzah. Yang mana kehidupan di alam ini hanyalah sebentar.
4.      Dihidupkan lagi bangkit dari kubur
Pada fase ini manusia yang tertidur di alam kuburnya di bangunkan untuk mempertanggung jawabkan amalnya selama di dunia.
Artinya: “Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauhul Mahfuzh)”.
5.      Dilenyapkan kembali kepada-Nya sebagaimana awal terciptanya.

Semua akan binasa kecuali  hanya Allah SWT. Oleh karena itu perbanyaklah mengingat mati dengan berusaha mempersiapkannya karena kedatangannya tidak pasti. Entah nanti, besok, minggu depan, bulan, tahun depan tidak ada yang mengetahui tentang hal itu. Semoga kita selalu mendapatkan pertolonganNya semoga kita semua dimatikan dalam keadaan khusnul khatimah amin ya rabbal alamin.



Post a Comment

0 Comments