Tips Ketika Tulisanmu Hilang di Word

Ilustrasi: (Foto:internet)

duniahalimah.com--Bagi kamu yang sering menulis atau mengerjakan tugas, tentu tidak “aneh” dengan hilangnya tulisan. Bisa disebabkan karena lupa tidak disimpan, lupa menghapusnya, dan parahnya hapusnya secara permanen. Buat kamu yang pernah ngalamin ini, pasti langsung panas dingin. Apalagi tulisanmu sudah begitu banyak dan sudah sampai deadline.

Saat kamu mengalami ini, harap tenang dulu. Tarik napas dalam-dalam, tahan di perut, lepaskan lewat mulut. Lakukan beberapa kali agar diri kamu menadi tenang. Disamping itu, lakukan beberapa tips, barangkali bisa mengembalikan file word-mu yang hilang itu;

1.  Periksa Recycle Bin

Jika file-mu terhapus karena menekan delete, kamu bisa memeriksa Recycle Bin di desktop dan me-restore file yang kamu butuhkan. Dengan begitu file yang tadinya terhapus, kembali ke semula.

2.  Install Aplikasi Recuva

Aplikasi ini bisa mengembalikan file yang sudah dihapus baik menggunakan delete, atau hapus permanen. Tinggal kamu install aplikasinya dan ikuti petunjuknya. Setelah selesai file yang kamu hapus akan kembali lagi. Namun patut dicatat jangan gunakan aplikasi cleaner di komputermu.

 

Klik di Gambar untuk mendownload aplikasinya

3. Gunakan Esaeus

     Layaknya Recuva, Esaeus juga berfungsi mengembalikan data yang terhapus di komputer kita. Artikel lengkap dan file aplikasinya, silakan langsung klik gambar di bawah ini.



4. Recover Unsaved Document

Jika filemu hilang karena lupa tidak disimpan. Jangan khawatir, kamu bisa kembali ke aplikasi word-mu, lalu klik file di pojok kiri atas. Lanjut klik Recent dan cari Recover Unsaved Document. Dari sana kamu bisa mengembalikan file word yang lupa tidak tersimpan.

Letaknya di kanan bawah


5. Ikhlas dan Menulis Ulang

Ketika langkah-langkah di atas tidak berhasil, ikhlaskan dan tulis ulang. 

Pasti kamu gawat banget kan, ketika tulisanmu hilang. Namun jangan khawatir, setiap sesuatu pasti ada pelajaran berharga buat kamu. Setidaknya kamu bisa belajar, kalau manusia itu tidak suka kehilangan.

Oh iya, barangkali teman-teman ada tips lain, boleh sharing ke Dunia Halimah. 

Baca Juga: Menulis Sesuatu yang Sederhana

Post a Comment

0 Comments