ANTARA: SANG BLOGGER DAN BLOG DI HADAPAN PESERTA

ANTARA: SANG BLOGGER DAN BLOG DI HADAPAN  PESERTA
Sumber: doc. FLP Surabaya
Surabaya - Minggu 18 November 2018 Forum Lingkar Pena Surabaya dalam pertemuan kelas Pramuda yang ketujuh  mengadakan kelas Blogger dengan pemateri kece asal Malang. Dia bernama Fauziah Rachmawati seorang blogger, bluzzer, influencer, travelling, dan juga seorang guru di salah satu sekolah dasar di Malang.
Fauziah sendiri sudah menekuni blognya semenjak tahun 2010 dan hingga kini ia masih setia dengan blognya. Berbagai kejuaran sering ia raih dan bahkan dapat membawanya berkelana ke tempat-tempat lain secara gratis.
Dia sendiri sudah membuat akun blog semenjak tahun 2010  dengan menggunakan blog gratis jenis wordpress dan baru pada tahun 2015 ia membuat blog baru dengan domain “Tahun 2015 saya membeli domain dan membuat blog pribadi, semenjak itulah saya tambah semangat untuk menulis”. Pada tahun itulah ia mulai semakin menggenjot semangatnya dalam menuangkan kata-kata dalam blognya.
Fauziah Rachmawati sapaan akrabnya Mbk Zie memiliki dua blog yang berisi dua tulisan dengan jenis kriteria berbeda yakni www.duniazie.com dan www.eduinspirasi.com. Kriteria blog yang pertama lebih ke treveller, review buku,  kuliner, buku, sedangkan blog jenis kedua berisi tentang pendidikan. Selain bermain di blogger, ternyata dia juga jago memainkan media sosial lainnya semisal instagram, facebook, twitter, dan seterusnya. Alamat instagramnya yaitu duniazie dan Fauziah Rachmawati.
Awalnya blognya berisi tentang pendidikan saja dan barulah pada saat kuliah dia mendapat beasiswa di Unesa dan di sanalah karir menulis tentang travelling dimulai. Yang menginspirasi Fauziah dalam membuat blog adalah karena menulis. Bahkan ketika ia menekuni cerpen dirinya sudah memiliki blog. “Saya merasa nyaman, tidak ditolak, dan dapat kenalan baru”, ungkap Fauziah ketika ditanya apa keuntungan yang dirasakan selama memiliki blogger. Kemudian ia menambahkan bahwa ada salah satu  pembaca blognya yang terinspirasi lantas pindah ke sekolah tempatnya mengajar.
Bagi para peserta materi blogger kali ini sangatlah menarik dan sangat menginspirasi;
“Menarik sih, lumayan menggugah, tapi sayang masih dari segi teknisnya saja”, tutur salah satu peserta. “Untuk curhat dan memberikan informasi bagi orang lain, apalagi punyaku tentang introvert agar orang laintahu apa itu introvet agar tidak salah paham. Menambah wawasan, kukira blog-ku sudah bagus ternyata banyak kekurangan”, tutur Wardani ketika ditanya oleh penulis. “Kalau aku menambah banget dan ini sangat menginspirasi”, celetuk Nia. “Jadi inspirasinya harus belajar lagi”, ungkap salah satu peserta yang tak disebutkan namanya.
         Materi kali ini berjalan sesuai dengan harapan, setiap peserta dianjurkan untuk membawa leptop sendiri-sendiri. Selam materi berlangsung peserta langsung mempraktikkan apa yang dikatakan oleh pemateri. Dalam pertengahan materi Fauziah juga sempat menuturkan bahwa untuk menjadi seorang blogger, sikap yang harus dimiliki antara lain;
1.      Berani memulai
2.      Menulis dari hati
3.      Rajin blogwalking, komen kepada blognya orang.
4.      Hidupkan medsos yang kita miliki
5.      Tidak memandang teman sesama blogger sebagai competitor namun berkolaborasi
6.      Menjadi blogger yang beda
         Selain itu, Fauziah sempat menuturkan bahwa tips untuk menjadikan banyak pengunjung dalam blog kita salah satunya adalah jumlah tulisan kita minimal 500 kata dalam satu postingan. Penulis hendaknya memiliki sikap empat C; yakni communication, critical thinking, creativity, and collaboration dengan begitu seorang penulis tidak bisa diam saja namun bisa bergabung dengan blogger, youtuber dan berbagai komunitas lainnya, karena hak ini dapat membantu.

 “Berani memulai, jika sudah terjun jadi professional di sana” begitulah pesan dari Fauziah Rachmawati ketika diwawancarai.





Post a Comment

0 Comments