BUKAN HANYA SEKADAR MANFAAT .


Bambu merupakan salah satu jenis pohon yang seringkali kita jumpai di Indonesia khususnya. Tak asing lagi rasanya dengan bentuknya yang unik dan banyak memberikan manfaat dalam melengkapi kebutuhan manusia.

Teman-teman perlu tahu bahwa ternyata bambu digolongkan pada jenis tumbuhan rumputan dengan rongga dan ruang di batangnya. Dengan memiliki daun yang bentuknya agak panjang dan tipis. Dengan tekstur serat yang lurus dan kuat. 
Jenis-jenis bambu yang tumbuh di Indonesia bermacam-macam seperti bambu Duri, bambu Kuning, bambu Tutul, dan seterusnya. (Dan saya belum sempat menghitungnya, he he.)

Bentuk pohonnya yang unik dan bergelayutan membuat suasana di sekitarnya tentram, nyaman, dan rindang. Apalagi ketika daun-daunnya diterpa angin, suara yang ditimbulkan pohon ini, gesekan batang dengan batang, daun dengan daun, menghasilkan suara yang asyik dan refresh.
Pohon Bambu ternyata juga banyak memberikan manfaat untuk manusia seperti halnya dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan, perabot rumah tangga, penyanggah rumah, dinding rumah, dan seterusnya. Selain itu, daun-daunnya bisa digunakan sebagai makanan ternak. Batangnya bisa digunakan sebagai kerajinan, dan Rebung/ tunas Bambu bisa dikonsumsi oleh manusia.
Makanan dari bahan pokok tunas Bambu enak loh ya, bisa dicoba tuh ...
Sumber lain mengatakan bahwa pohon bambu memiliki manfaat lain seperti dijadikan sebagai obat. Di negera China bambu dijadikan obat lumpuh sebelah yang diakibatkan tekanan darah tinggi.
Di dunia ini bambu dinilai sebagai salah satu tanaman yang memiliki pertumbuhan sangat cepat, karena memilki sistem Rhizoma-dependen yang unik. Dalam sehari bambu dapat tumbuh sekitar 60 cm bahkan lebih, tergantung kondisi tanahnya. (wikepedia.id). Bambu juga digolongkan sebagai tanaman yang mudah untuk ditanam. Yang jelas kita punya tanah dan bibitnya.
Pertumbuhan pohon Bambu akan lebih bagus jika tumbuhan ini dapat menerima sinar matahari yang cukup. Nah, di dekar rumahku pohon Bambu tumbuh sehat dengan suasana yang nyaman, rindang, Bahkan dapat menikmato angin sepoi-sepoi di bawahnya.
Mungkin itu saja, tulisan hari ini.



Telah terbit : 

Post a Comment

0 Comments