TENTUKAN STRATEGI DAN TAKTIK DALAM MERAIH MIMPI

Sumber: ikhtisar.com
Setiap manusia tidak pernah terlepas dari keinginan-keinginan atau biasa disebut dengan istilah cita-cita. Seseorang yang memiliki cita-cita, biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan apa yang dicita-citakannya. Tentu setiap orang pasti pernah mengalami hal seperti ini, tak terkecuali dengan peniliti
Perlu kita ketahui, dalam mewujudkan cita-cita yang kita harapkan itu perlu adanya strategi. Mengapa perlu strategi? Karena dengan strategilah kita dapat mewujudkan apa yang kita inginkan.
Strategi pada tataran esensinya berarti (Planning) rencana sebelum kita mencapai keinginan kita. Adanya strategi bertujuan agar supaya la
Di dalam mengatur strategi kita juga perlu menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT di sini bukan hanya digunakan pada  dunia kewirausahaan saja, tapi analisa SWOT juga dapat digunakan sebagai pertimbangan kita dalam menentukan strategi dalam meraih mimpi.
Analisis SWOT di sini terdiri dari Strength (kekuatan), Weaknes (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan threath (ancaman). Nah, dalam mewujudkan impian, kita perlu mempertimbangkan keempatnya. Kekuatan dan kelemahan kita dapat ketahui dari internal kita, sedangkan peluang dan ancaman dari eksternal.
Pertama, Strength (kekuatan) di sini kita juga perlu tahu kekuatan yang ada pada diri kita. Apakah kita mampu di bidang yang kita impikan atau jangan-jangan bukan passion kita. Ya, kita harus mencoba mencarinya passion yang dimiliki oleh diri kita. Lalu caranya? Caranya carilah hal apa yang kita sukai. Lalu kita tekuni kegiatan yang kita sukai ini.
Kedua, Weakness (kelemahan) kemudian kita pertimbangkan kelemahan yang kita miliki. Barangkali memang sulit jika kita mencoba menguak kelemahan yang kita miliki. Nah, cobalah kita mencari kelemahan kita dengan passion yang kita miliki dengan meminta saran dari orang-orang yang kita anggap dapat memberikan jawaban yang memuaskan.
Ketiga, Opportunities (peluang), jika dua sebelumnya itu digolongkan atau dipertimbangkan berdasarkan faktor internal, sedangkan dua setelahnya dipertimbangkan berdasarkan eksternal atau dari luar. Peluang apakah yang akan kita lalui ketika kita telah menentukan passion yang kita miliki.
Keempat, Threath (ancaman), anacaman apakah yag akan kita dapatkan ketika kita mendalami passion kita. Ancaman di sini berasal dari eksternal individu sendiri.

Setelah kita mempertimbangkannya, maka buatlah strateginya. Setelah membuat strategi dengan membuat taktik. Taktik di sini adalah kelanjutan dari strategi yang kita buat. Jika strategi hanyalah sebuah rancangan sedangkan taktik adalah cara kita untuk merealisasikan strategi yang kita buat.
Jika saya sendiri memaknai strategi sebagai rencanaku dalam meraih mimpi yang ingin aku capai. Sedangkan taktik adalah cara saya untuk meraih mimpi saya.
Strategi dan taktik ini sangatlah penting dalam membantu kita meraih mimpi. Strategi dan taktik ini adalah bentuk usaha kita dalam meraih mimpi. Di samping itu kita juga perlu betawakkal kepada Allah Swt. kita boleh berusaha, namun harus diimbangin dengan doa, meminta pada Allah, karena hanya Dialah yang Maha dari segalanya Maha.


Post a Comment

0 Comments