Dakwah Perlu Performa dan Retorika

Di dalam berdakwah sangatlah diperlukan retorika atau seni berdakwah dan performa dalam menyampaikan dakwah kita kepada masyarakat. Kedua perihal ini sangatlah penting ketika seorang penda’i melakukan dakwahnya.
Performa dalam berdakwah merupakan seberapa baik kita melakukan sesuatu atau menyuguhkan penampilan dakwah kepada masyarakat. Dalam arti yang lebih gamblang, performa adalah bagaimana cara seorang dai untuk menarik audiens atau menghibur audiens agar dakwah yang dibawakan tidak monoton dan tidak membosankan. Semisal dengan membubuhkan pantun, syair, nyanyian, akting, bermain musik/ media, bercerita, dan lain sebagainya.
Sedangkan retorika atau lebih dikenal sebagai seni berbicara dalam berdakwah, yakni sebuah cara pen-dai untuk menjadikan audiens paham dengan apa yang kita (seorang pendai) sampaikan. Dan perlulah di sini kita tekankan, bahwa bobot seni dalam berbicara sangatlah mempengaruhi hasil dakwah kita. Salah satu tipsnya adalah berbicara dari hati dan diungkapkan dari lisan kemudian diekspresikan dengan performa.

Maka antara retorika dan peforma sangatlah memiliki hubungan antara keduanya. Dan keduanya perlu dipadukan.

Post a Comment

0 Comments