Harapan Hidup

Semua manusia tak terkecuali dengan diri penulis, selalu memiliki harapan yang dicita-citakan. Ya, tentunya dalam menjalani kehidupan ini, pastinya kita tak akan bisa terlepas dari mengharap sesuatu. Dalam perjalanannya, manusia perlu yang namanya penyemangat hidup. Semisal ingin inilah, ingin itulah, tentu kita perlu usaha dalam mewujudkannya. Coba bayangin, seandainya kita cuman ngarepin aja tanpa ada usaha, giaman acaranya?, tentu mustahilkan, keinginan kita akan tercapai.

Beber kata kebanyakan orang, "Selain berdo'a, juga harus dibarengi dengan usaha. Ada sebuah hadir daroi Rasulullah yang mengatakan "Bekerjalah kamu seakan-akan hidup selamanya, dan beribadahlah kamu seakan-akan mati besok". Nah, dari sini saja kita cukup mengerti ya, kalau cuman ngandalin do'a doang tanpa usaha, mau dapat dari mana?.
Ya kuncinya adalah, berdo'a dan usaha.

Memang tak pelak kita abaikan, intensitas kekuatannya kadang tinggi, dan terkadang juga menurun, dan ini bisa dikatakan problem yang harus dihadapi oleh setiap insan di dunia ini. Namun, rasa itu bisa terkalahkan, jika kita berusaha dengan sekuat tenaga untuk menumpas semua rasa yang menggelayut dalam pikiran lemah kita.






Post a Comment

0 Comments